Click here for Myspace Layouts

Mulailah membaca Artikel-Artikel ini dengan Bismillah

Kamis, 07 April 2011

Mengoperasikan Windows XP Tanpa Mouse




Bismillah

*********

Salam sobat blogger yang dirahmati Alloh pada kesempatan ini saya kembali membagi-bagi ilmu yang saya dapat dari membaca blog teman.

Selain keyboard, mouse memang telah menjadi bagian yang hampir tidak dapat lagi dipisahkan dengan komputer kita. Tanpa mouse kita harus banyak-banyak menggunakan shortcut. Mula-mula memang terasa sangat berat, tapi setelah banyak shortcut yang kita hafal, justru pekerjaan kita akan terasa semakin efisien, karena tangan kita tidak perlu sering-sering berpindah dari keyboard ke mouse, dan sebaliknya.

inilah shortcut-shortcut yang paling sering di gunakan :

1. Untuk menjalankan sebuah aplikasi, tekan tombol [Windows] kemudian dengan tombol panah atas, bawah, kiri, dan kanan, pilihlah aplikasi yang akan kita jalankan, kemudian tekan [Enter]. Tombol [Windows] adalah tombol yang berada di antara [Ctrl] dan [Alt] sebelah kiri yang bergambar logo Windows. Jika keyboard Anda tidak memiliki tombol ini, dapat digantikan dengan menekan tombol [Ctrl] dan [Esc] secara bersamaan.

2. Untuk menutup aplikasi yang sedang aktif, tekan tombol [Alt] [F4]

3. Di Windows, biasanya kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya Windows Explorer, Outlook Express, Microsoft Word, dan Internet Explorer. Nah untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain tekan dan tahan tombol [Alt] kemudian dengan tombol [Tab] pilihlan aplikasi yang akan kita aktifkan.

4. Untuk menjalankan Windows Explorer tekan [Windows] dan tombol [E]

5. Hampir setiap aplikasi di Windows memiliki sebuah icon kecil di sebelah title bar. Jika di-klik (dengan mouse) akan menampilkan system menu, antara lain Minimize, Move, dan Maximize. Dengan keyboard Anda bisa memanggil system menu ini dengan [Alt] [Spacebar].

6. Untuk me-minimize semua aplikasi yang aktif (alias show desktop), tekan [Windows] [M], efek yang sama saya dapatkan jika menekan tombol [Windows] [D].

7. Untuk logoff user yang sedang aktif tekan tombol [Windows] [L]

8. Tekan tombol [Windows] [F] untuk file search

Masih ada puluhan, bahkan mungkin ratusan shortcut yang tidak dapat saya tampilkan di sini. Jika ingin mendalami masalah per-shortcut-an ini silahkan cari di google dengan keyword “mouseless windows” atau “windows without mouse“.

Menggunakan MouseKeys

Jika kita tidak memiliki mouse, maka pointer mouse akan diam di tengah monitor tanpa bisa digerakkan kemana-mana. Sebenarnya kita masih bisa menggerakkan pointer mouse menggunakan fasilitas MouseKeys. Untuk mengaktifkan MouseKeys ini, caranya :

Buka Control Panel, pilih Accessibility Options, pilih tab Mouse, beri tanda centang pada Use MouseKeys.



Untuk menggerakkan pointer mouse, gunakan tombol panah (atas, bawah, kira, kanan) yang ada di Numlock, dengan kondisi Numlock harus On, jika Numlock Off, otomatis MouseKeys tidak berfungsi.

Shortcut Nakal

Nah shortcut yang terakhir ini saya temukan dengan tidak sengaja, saat mencoba-coba menemukan shortcut yang saya inginkan, malah menemukan shortcut ini. Cobalah tekan tombol [Ctrl] [Alt] dan tombol panah ke bawah. Apa yang terjadi ?

Coba saja sendiri.

Lumayan buat ngerjain temen....hhe


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com